Skip to main content

Cek keaslian Galon Sebelum Membeli!!

 Banyak hal yang kurang disadari oleh konsumen air minum kemasan bermerek itu adalah keaslian produknya. Awalnya aku biasa saja baca berita yang muncul terkait galon palsu. Karena menurutku terlalu niat oknum, memalsukan galon air mineral. Ternyata, setelah baca berita tentang pemalsuan air minum dalam bentuk galon itu nyata gaes! Benar saja, ada oknum yang memanfaatkan kesempatan memalsukan galon dan isinya. Parah sih!

Nih, aku baca tweet dari Devina Hermawan parah sih makin ngeri banget pemalsuan galon air minum dalam kemasan segede itu juga kena dong!! 

Aku jadi makin bingung, ada saja celah para pemalsu ini cari cuan dari kegiatan yang merugikan konsumen. Ini tuh bukan bahas soal margin cuan si pemalsu. Tapi juga bahas impact ke kesehatan si konsumen. Ibaratnya nih, mau sehat beli air minum kemasan eh malah apes konsumsi air yang ga jelas asalnya.


Para oknum ini menggunakan galon, lalu diisi dengan air yang asalnya tidak jelas bisa diminum atau tidak. Karena dari yang aku baca itu, ada oknum yang gunakan air keran/sumur yang tidak disuling atau steril. Untuk membuat seolah asli, pemalsu galon ini menggunakan tutup galon asli dan membuat mata kita tak menyadarinya. Ngeri banget sih! 



Nah ini dia salah satu video yang aku dapatkan setelah surfing tadi cari reka konstruksi para oknum mengoplos galon air minum. Ampun! Ini parah banget sih! 

Lalu, soal isi galon yang di oplos dengan air yang peruntukannya bukan untuk air minum. Padahal yang aku tahu, para distributor sudah mengedukasi para konsumen untuk percaya keaslian dengan mengecek tutup galonnya kan. Lalu disamakan kodenya dengan di tubuh galon. Ternyata nggak ngaruh dong, para oknum bisa menyamarkan kode tersebut. Jadi, tutup dan galon kode bisa sama, tapi isinya yang palsu. Makin parah sih!

Tapi parents tahu nggak sih, bahaya banget kalau kita sampai konsumsi air minum yang tidak matang dan memang bukan standar air untuk konsumsi? Penyakit berbahaya di dalam tubuh menunggu gaes! Ini sih perlu banget jadi fokus parents menjaga keluarga dari hal paling primer yaitu, air minum.

Menurutku, dampak dari galon air minum yang dipalsukan ini ga cuma ke kesehatan, tapi ke ekonomi juga! Karena pedagang yang menjual produk asli akan disangsikan oleh konsumen. Alhasil omzet penjualan mereka merosot dong! Bisa dicek, di sini untuk keluhan pedagangnya. Duh, benar-benar meresahkan sih ini galon palsu.

Oh iya, sekadar saran untuk para konsumen air minum kemasan galon. Aku rekap nih cara membedakan galon palsu dan asli bisa loh dari fisik galon. 

Bapak-bapak dan Ibu-Ibu yang beli galon wajib banget cek segel galonnya. Pegang dan amati dulu segel galonnya. Sekiranya mudah lepas atau tidak rapat mending minta ganti deh. Karena air minum kemasan galon yang asli, pasti rapat untuk minimalisasi kebocoran galonnya. 

Selain segel galon, wajib juga cek di bagian badan galon. Karena air minum kemasan itu yang dijual isinya. Jadi bisa banget lihat air dari bagian galon yang transparan. Cek keseluruhan badan ada cacat di galonnya apa nggak. Kalau menemukan ada bagian tergores atau buram, itu juga salah satu petunjuk jika galon tersebut tidak baik-baik saja. Saranku, segeralah menukar dengan galon yang lain. Tampilan galon yang baik itu clear, no drama buram-buram club.

Opsi terakhir kalau memang di toko atau warung nggak ada air kemasan galon lagi. Bapak Ibu mau membeli galonnya, bisa banget cek dari rasa dan bau dari air kemasan tersebut. Walau belum di icip rasa airnya, tapi jika tampilan galon tersebut mencurigakan ku sarankan ganti merek galon atau pindah lokasi saja lah. Karena, air minum dalam kemasan yang baik tidak akan mengeluarkan bau tak sedap. 



Comments

Popular posts from this blog

Penerapan Livable City Di Indonesia, Mimpi Atau Sudah Nyata?

Mewujudkan Livable City di Indonesia bukan hal yang mudah. Bentuk Livable City atau kota nyaman salah satunya menyediakan akses yang setara terhadap kebutuhan hidup seperti hunian yang baik, mobilitas, kualitas hidup, hingga layanan pendidikan serta lingkungan kerja. Tidak mudah, namun hal ini penting untuk menciptakan lingkungan perkotaan yang berkualitas bagi penduduknya. Konsep kota nyaman ini menitikberatkan pada kesejahteraan penduduk, kualitas lingkungan, serta aksesibilitas yang lebih baik. Di dalam konteks Indonesia, penerapan Livable City menjadi suatu hal yang krusial guna mengatasi berbagai tantangan perkotaan yang ada. Indonesia menghadapi serangkaian tantangan yang perlu diatasi dalam upaya mewujudkan Livable City. Beberapa tantangan tersebut meliputi:

Bikin Pizza Nggak Pake Ribet

  Hai semua, sudah tahu kan aku buat apa kali ini? YAP! Ini PLIZZAKU namanya❤️ Aku beli ini di Blibli Mart dan Paket Plizzaku ini diprovide oleh Royco!  Mantul banget kan, sudah sepaket begini jadi nggak perlu pusing-pusing lagi siapin bahan. Kenapa aku mau rekomendasikan #IsiPlizzakuRoyco ? Karena menu ini sehat banget. Cocok untuk kamu yang lagi ngurangin produk dairy. Cuss ikutan bikin juga ya, karena ini endeuss banget! Rasa rendangnya natural banget karena pakai bumbu nasi goreng rendangnya Royco. Jadi berasa makan daging, padahal dari kacang hijau dan bawang bombay. Topping jamurnya juga enakkk karena menggunakan kaldu rasajamurnya Royco.  Ikutan recook ya gaes!